5 Teknologi Canggih Lindungi Alam

June 26, 2020 author 0 Comments

Menurut World Environment Day, 87 dari 15 tanaman pangan global masih bergantung kepada penyerbukan dari serangga atau hewan. Keanekaragaman hayati juga membantu untuk dapat menghindari perubahan iklim ketika hutan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.

Namun kini dunia sedang dilanda krisis keanekaragaman hayati. Bahkan Intergovernmental Science-policy Platform on Biodiversity and Ecosystem Sevices tahun lalu mengatakan bahwa terdapat lebih kurang satu juta spesies terancam punah.

Hal ini membuat beragam teknologi dicptakan untuk melindungi tanaman – tanaman tersebut. Berikut ada 5 teknologi yang bisa melindungi keanekaragaman hayati.

Teknologi Melindungi Keanekaragaman Hayati

1.Cloud Computing

Bumi ditutupi oleh 72% lautan, hal ini membuat sangat beragamnya spesies yang ada di laut. Banyak juga orang yang menggantungkan mata pencahariannya di laut. Di tahun 2016, Google meluncurkan Global Fishing Watch. Ini merupakan sebuah platform iuntuk dapat meningkatkan kesadaran kepada industri perikanan dan juga mendorong kebijakan yang ramah lingkungan dengan melalui transparansi.

Global Fising Watch menggabungkan antara teknologi cloud computing dengan data dari satelit. Untuk pertama kalinya di dunia, ada pandangan global terhadap aktivitas penangkapan ikan komersial.

2.Machine Learning

Deforestasi akan menyebabkan setidaknya 17% dari emisi karbon global dan Ranforest connection dengan menggunakan tensorflow, platform machine learning open-source Google, agar dapat mencegah pembalakan liat disemua hutan hujan tropis yang ada di seluruh dunia.

Hal ini dilakukan dengan cara menempatkan ponsel model lama di atas pohon untuk dapat merekam suara hutan, lalu melatih sistem machine learning untuk dapat mengenali suara gergaji mesin.

Ini dapat membantu para penjaga hutan untuk segera mengetahui kalau ada pembalakan liar yang sedang terjadi di hutan secara ilegal.

3.Memonitor habitat liar

Habitat alami memang sangat penting untuk perlindungan dan juga keberlangsungan hidup dari beragam spesies dan flora serta fauna di seluruh dunia.

Kita perlu secara ketat memonitor dan mencoba untuk mengurangi risiko dari deforestasi agar memastikan kalau habitat yang ada tetap terlestarikan. Itulah sebabnya diluncurkan Global Forest Watch, sebuah peta yang dapat menguantifikasikan luas hutan secara global beserta dengan perubahannya. Pemetaan hutan global ini bukan hanya memungkinkan beragam aplikasi ilmiah, taoi juga upaya pemdolan perubahan iklim dan  juga keanekaragaman hayati yang ada.

Namun yang menjadi dasar dari pembentukan kebijakan dengan cara menyediakan data objektif mengenai hutan yang dapat langsug dimanfaatkan oleh semua orang demi membperbaiki pengeolaan hutan.

4.Enviromental Insights Explorer

Pemanasan Global memiliki dampak besar pada habitat alami berbagai spesies dan dengan mengurangi emisi karbon merupakan salah satu cara untuk bisa menanggulanginya.

Enviromental Insight Explorer merupakan sebuah alay online yang dibuat untuk memudahkan aparat pemerintah kota dalam mengakses serta menindaklanjuti data – data baru yang berhubungan dengan iklim yang ada.

5.Dampak perubahan dengan Data Aktual

Mulai dari peta yang ada data aktualnya dan juga presiksi peningkatan tinggi air laut, sampai ke visualisasi data interaktif yang akan mengajak kita menyelam laut dan melihat dampak yang terjadi saat kenaikan suhu.

Heart Beat of the Earth merupaan inisiatif yang dilakukan bersama dengan UNFCCC dalam upaya meningkatkan kesadaran dalam hal perubahan iklim yang ada di dunia sekarang ini.

Jadi bagaimana? Sudah banyak orag yang peduli dengan bumi kita tercinta ini. Pemanfaatan terknologi yang maksimal dapat membantu kita dalam memerangi kerusakan bumi. Mulai cintai bumi dengan menjaganya mulai dari sekarang!

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *