Efek Dari Dunia Digital

efek dunia digital
June 19, 2020 Georld 0 Comments

Dunia digital zaman sekarang memang sudah bukan hal tabu untuk kita temui di dunia ini, seperti salah satunya yaitu smartphone. Semua terasa jadi lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi berkat kemajuan teknologi komunikasi tersebut.

Untuk memiliki smartphone juga tidak sesulit zaman dulu kok. Apalagi buat masyarakat di Indonesia, mungkin tidak punya smartphone adalah hal yang sangat sulit, cobaan terberat buat anak muda deh.

Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Digital

Nah, karena faktor ini lah yang membuat majunya era milenial jadi tak hanya mempunyai efek positif, namun juga efek negatif. Ya, benda digital tersebut terkadang membuat kalian justru mengalami kesenjangan sosial. Kenapa?

Efek Dari Dunia Digital

Sekarang kalau kalian sedang menggunakan smartphone kamu terlalu lama, para orang tua pasti marah dan berkata kami sudah “dibudaki gadget“. Karena benar, kita ini disebut generasi nunduk yang dimana setiap sedang sendiri, berjalan, maupun berkumpul, kepala kita fokus melihat gadget.

Alat digital yang satu ini juga menjadi permasalahan para orang tua akibat melepas gadget pada anak usia dini begitu saja. Dilansir dari banyak survey dan penilitian bahwa gadget bisa memperlambat perkembangan anak, apalagi saat anak diluar pengawasan orang tua.

Sebisa mungkin bijak lah pada saat menggunakan alat digital tersebut. Namun tidak semuanya buruk kok, ada hal positif yang bisa kita dapat dari smartphone ini?

Dampak Positif Penggunaan Smartphone Digital

Efek Dari Dunia Digital

  • Memudahkan masyarakat untuk mencari informasi terkini, bahkan sampai yang benar benar baru saja terjadi beberapa detik sebelumnya!
  • Berkomunikasi melampaui jarak terjauh. Tapi tidak selamanya ini baik loh. Karena meskipun anda bisa menghubungi kerabat jauh kalian dan menjadi terasa dekat. Tetapi akan terasa sangat jauh pada kerabat dekat karena semua terfokus pada handphone masing-masing pada saat berkumpul. Ironis bukan?
  • Mengolah informasi menjadi lebih mudah dan terjangkau, seperti berita yang terjadi di manca negara. Jika bukan karena internet yang tersedia didalam digital kita mungkin kita tidak tahu apa yang terjadi di negara lain.
  • Sebagai alat penghibur kapan saja dan dimana saja.

Sekiranya dampak positif dan negatif yang terdapat pada alat digital adalah hal-hal tersebut. Namun kembali lagi kepada diri masing-masing, apakah kita sudah cukup bijaksana dalam penggunaan smartphone? Bisakah kita menimbang serta menyeimbangkan kedua hal tersebut sehingga tidak merugikan diri? Semoga para pembaca artikel ini adalah salah satu dari pengguna bijaksana yang kami sebutkan diatas tadi!

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *