Kegunaan Microsoft Office Word

July 30, 2020 author 0 Comments

Microsoft Word Office merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh Microsoft yang fungsi utamanya untuk mengolah kata. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1983 dan kini sudah memiliki versi terbarunya, yaitu Microsoft Office 2019. Di awal pembuatannya, Microsoft Word memang mengambil banyak ide dan konsep dari Bravos, sebuah pengolah kata berbasis grafik pertama.

Dengan konsep What you see is what you get, fitur unggulan dari Microsoft Word adalah Autocorrect, mailmerge, autipage index, auto formating, html editor, booklet layout, dan masih banyak yang lainnya.

Hingga kini software satu ini masih menjadi pengolah kata yang menduduki peringkat pertama dan sering digunakan pada perangkat komputer/ laptop. Itu karena memang Microsoft Word memiliki interface yang mudah untuk dipelajari.

Selain itu ada banyak fungsi lain dari Microsoft Word, berikut ini adalah beberapa fungsi lain dari Microsoft Word.

Fungsi Microsoft Word

1.Surat Menyurat

Pertama, Microsoft word biasa digunakan untuk surat menyurat. Awalnya untuk bisa membuat surat, kamu harus menulis pada selembar kertas atau mengetik dengan menggunakan mesin ketik. Tapi kini setelah adanya Microsoft Word, surat dapat dibuat dengan lebih mudah.

2.Membuat Dokumen

Selain itu, Microsoft Word juga bisa dimanfaatkan untuk membuat dokumen. Segala jenis dokumen formal, semi formal, dan sampai yang tidak formal bisa dibuat menggunakan Microsoft Word. Selain itu untuk mencetak dukumen juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Hanya perlu untuk menginstall printer di laptop, kemudian bisa langsung mencetaknya.

3. Membuat Dokumen dengan Variasi

Jika dulu kita hanya dapat menggunakan mesin ketik dan membuat tampilannya terkesan monoton, dengan adanya Microsoft Word ini kita dapat membuat dokumen menjadi jauh lebih menarik. Seperti dengan cara mengganti fontnya menjadi lebih tebal, lebih kecil, membesarkannya, sampai mengganti gayanya. Banyak juga tools yang bisa digunakan untk bisa membuat dokumen semakin menarik dan bervarasi.

4.Tambahkan Gambar

Selain mengolah kata, Microsoft Word juga dapat digunakan untuk memasukkan gambar pada dokumen. Berbeda dengan dulu yang hanya dapat menambahkan gambar dengan cara menggunakan lem, kini bisa langsung disisipkan, jadi bisa dengan mudah mengatur gambar sesuai dengan tulisan.

5.Membuat Tabel

Selain Microsoft Exel, Microsoft Word juga bisa digunakan untuk membuat tabel namun lebih simpel. Jika dulu kita harus menggunakan penggaris untuk membuat tabel. Kini kita hanya perlu menggunakan salah satu tools yang ada pada Microsoft Word. Selain itu kita bisa mengatur jumlah baris dan kolomnya.

6. Menghemat Waktu & Tenaga

Dengan adanya Microsoft Word, kita menjadi lebih hemat waktu juga tenaga. Saat menggunakan mesin ketik, kita membutuhkan tenaga untuk dapat menggunakannya. Karena jika huruf tidak ditekan dengan keras, maka tidak akan tercetak ke kertas. Selain itu jika terjadi kesalahan, tidak dapat di hapus. Sebabnya dengan adanya Microsoft Word ini akan semakin membantu pengguna dalam menghemat waktu dan tenaga mereka.

Praktis bukan penggunaan dari Microsoft Word ini? semoga informasi mengenai kegunaan dari Microsoft Word ini bisa membantu Anda yang mengalami kesulitan untuk tahu apa kegunaan dari Microsoft Word. Oh ya, Selain beberapa fungsi di atas, Microsoft Word dapat membantu untuk meminimalisir penggunaan kertas dan menjaga lingkungan, loh. Karena dengan menggunakan program ini, kita akan mengurangi penggunaan kertas yang pastinya akan membuat kita mengurangi penggunaan barang yang bahan dasarnya pohon tersebut.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *