Kelebihan dan Kekurangan dari Xiaomi Redmi 9A

Ada tidak ya, ponsel dengan baterai yang tahan lama namun memiliki murah? Nah, jika Anda sedang mencari ponsel dengan harga murah namun kapasitas baterai yang tahan lama, bisa mencoba Redmi 9A. Meski ponsel ini memiliki harga dikisaran 1 jutaan, namun kapasitas baterai yang ditawarkannya sangatlah baik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang hendak memiliki ponsel Redmi 9A dengan baterai tahan lama ini.

Spesifikasi Redmi 9A

  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • CPU: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8320 (650 MHz)
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Chipset: MediaTek Helio G25 (12 nm)
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh
  • RAM: 2 GB dan 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP
  • Kamera Depan: 5 MP

A.Kelebihan Xiaomi Redmi 9A

1.Daya Tahan Baterai Lama

Inilah yang merupakan kelebihan terbesar yang dimiliki oleh ponsel keluaran Xiaomi ini. Kapasitas baterai yang dimilikinya mencapai 5000 mAh. Angka ini dapat dikatakan cukup besar untuk ponsel yang berada pada harga 1 jutaan, bahkan beberapa ponsel di atasnya belum tentu memiliki kapasitas sebesar itu. Xiaomi mengklaim kalau ponsel ini dapat bertahan hingga 19 jam ketika dipakai untuk menonton video, 38 untuk menelpon, dan 14 jam untuk bermain game.

2. Layar Lebar dengan Desain Poni

Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat mendapatkan ponsel dengan lebar yang skematis. Dibalut dengan panel IPS LCD, ponsel ini memiliki dimensi layar sebesar 6.53 inci dan sudah resolusi HD+ (720×1600). Selain itu ponsel ini juga memiliki desain layar yang berupa Dot Drop Display, atau poni, jadi layarnya tampak memenuhi keseluruhan dari ponsel.

3. Sudah dengan MIUI 12

Perilisan ponsel ini berdekatan dengan perilisannya MIUI 12, sehingga Redmi 9A ini sudah kebagian untuk operasi sistem Android 10 dengan antar muka MIUI 12. Banyak fitur yang dapat dirasakan dari ponsel ini, seperti adanya mode darkmode 2.0, super wallpaper yang akan mengikuti waktu siang dan malam, serta masih banyak fitur penyesuaian lain.

4.Slot Khusus Memori Eksternal

Jika biasanya pada ponsel 1 jutaan, tidak didukung dengan memori eksternal. Anda tidak perlu khawatir, karena pada ponsel Redmi 9A ini sudah terdapat slot yang khusus untuk memori eksternal, sehingga tidak perlu mengorbankan kartu SIM2.

5.Hasil Kamera Cukup Baik

Pada bagian belakang, hanya ada 1 kamera dengan resolusi 13 MP. Meski dirasa kurang mengikuti perkembangan jaman yang kini mulai menggunakan dual kamera, namun hasil jepretan dari ponsel ini masih cukup baik. Bahkan terdapat fitur seperti pengenalan wajah, AI Scene Detection, mode HDR, dan masih banyak lainnya.

B. Kekurangan dari Redmi 9A

1.Tidak memiliki Fast charging

Meski memiliki baterai dengan kapasitas besar, sayangnya ponsel ini tidak dilengkapi juga dengan teknologi Fast charging. Karena dengan kapasitasnya yang besar itu, pengisian ponsel akan menjadi lebih lama. Padahal pada Redmi 9 yang memiliki harga hampir sama, sudah dilengkapi dengan Fast charging 18 W.

2. Memori Internal dan Ram Kecil

Jika Anda merupakan orang yang gemar untuk melakukan multitasking, mungkin ponsel ini bukan merupakan pilihan yang tepat. Karena Redmi 9A hanya dilengkapi dengan RAM 2 GB dan internal 32 GB. Memori yang digunakna juga masih menggunakan teknologi Emmy 5.1 yang kecepatannya masih berada di bawah Universal Flash Storage (UFC).

3. Masih dengan Port Micro USB

Kekurangan yang lagi-lagi ditemukan pada ponsel murah adalah Port pengecasannya yang masih menggunakan microUSB. Kenapa ini merupakan kekurangan? Karena Port ini masih kurang cepat kalau dibandingkan dengan USB tipe C.

4. Tidak memiliki Sidik Jari

Inilah salah satu kekurangan yang sangat disayangkan, karena pada saat ini sepertinya pengamanan sidik jari menjadi hal yang sangat disayangkan. Umumnya pada ponsel dengan harga 1 jutaan, sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang mempermudah pengguna.

Semoga terbantu dengan artikel ini, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *