Kemungkinan Teknologi Canggih di Sekolah

July 3, 2020 author 0 Comments

Jika diperhatikan dengan seksama, sekolah terus mengalami peningkatan yang signifikan dan menuju ke arah yang lebih modern. Seperti misalnya, dulu kita menggunakan papan tulis kapur untuk menulis di depan kelas, tapi kini kita menggunakan papan tulis putih dengan spidol. Bahkan sudah banyak sekolah yang menggunakan proyektor untuk membantu para siswa dalam belajar di kelas.

Sekarang juga banyak sekolah yang mewajibkan para siswa untuk membawa laptop sebagai alat bantu mereka dalam belajar di kelas. Pemanfaatan ponsel juga sangat berguna untuk para siswa di kelas. Jika sudah seperti ini, apakah kamu terbayang apa yang akan terjadi nanti 50 tahun ke depan?

Nah, berikut ni adalah hal – hal super canggih yang mungkin bisa kita lihat pada sekolah yang ada di masa depan.

Teknologi Canggih Sekolah Masa Depan

1.Digitally Personalized Desk

Kemungkinan pada masa yang akan datang, meja bukan lagi hanya sebagai tempat untuk menulis atau meletakkan buku saja. Tapi juga bisa digunakan sebagai peralatan belajar yang penting. Banyak yang memprediksi kalau nanti meja sekolah akan berbentuk layar besar dan bisa dioperasikan seperti ponsel yang ada dimasa sekarang.

Bukan hanya terinspirasi dari desain ponsel, tapi juga bisa digunakan dengan fungsi yang sama juga. Jadi kemungkinan meja – meja ini dapat digunakan oleh para murid untuk mengakses beragam pelajaran yang tengah berlangsung. Selain itu board ini memang sudah ada, tinggal tunggu kapan dapat diimplementasikan.

2.Guru Robot

Tanpa menunggu 50 tahun lagi, kini sudah banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh robot. Bahkan peran guru juga kini sudah banyak yang digantikan oleh robot – robot ini. Bahkan di Jepang dan Korea sebagian sekolah sudah menempatkan robot – robot di ruang kelas untuk mengajarkan para anak didik ilmu.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan dari guru robot ini, seperti dibuat secara masal dan dikirim ke negara – negara yang kekurangan guru. Robot ini juga memiliki kemampuan yang tidak terbatas serta bisa diupgrade.

Robot – robot ini juga bisa dikontrol dari jarak jauh oleh manusia, jadi memungkinkan para guru untuk mengajar dimana pun mereka berada.

3.Cognitive Hardrive

Mungkin kamu sering melihat film – film yang membenamkan hardrive pada otak, tapi tahukah kamu kalau itu tidak mustahil untuk dilakukan?

Para ilmuan saat ini sedang mengupayakan beragam hal untuk ini bisa direalisasikan. Nantinya pengetahuan bukan hanya sekedar di baca, tapi juga dapat transfer data ke dalam hardrive dan langsung dibaca oleh otak. Melalui teknologi ini, para guru akan selalu dapat mengupdate bahan ajar yang bisa disampaikan ke para murid.

4.Virtual Reality Google

Kini VR merupakan alat canggih yang digunakan banyak orang untuk menyajikan grafis menarik yang bisa digunakna untuk menonton video atau bahkan bermain video game. Tapi kemungkinan teknologi ini bisa juga dapat digunakan dalam membantu para siswa dalam mempelajari hal – hal yang berbau edukatif.

Kacamata virtual ini akan membantu siswa dalam merasakan pengalaman belajar yang berbeda. Tidak hanya sekedar membaca atau membayangkan, para siswa menjadi bisa langsung melihat dan terlibat langsung pada simulasi – simulasi yang ada.

Semua peralatan canggih yang ada di atas, memungkinkan para murid – murid yang ada di masa depan akan menjadi sangat terbantu dengan teknologi – teknologi ini. Selain itu proses belajar mengajar juga akan menjadi lebih menarik serta variatif.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *