Pengertian dari RAM

June 26, 2020 author 0 Comments

Mungkin jika kamu sering membaca review HP, atau hendak membeli sebuah ponsel, laptop, komputer, kita sering kali melihat adanya RAM dan ROM. Kedua istilah ini digunakan pada bidang teknologi sebagai media untuk melakukan penyimpanan data di komputer.

Kedua hal ini memiliki pengertian yang berbeda. Kali ini kami akan membahas RAM.

Fungsi, Pengertian, dan Jenis RAM

1.Pengertian RAM

RAM (Random Access Memory) adalah hardware yang ada di dalam komputer dan memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dan juga digunakan untuk beragam instruksi program.

RAM ini dapat diakses secara acak atau tergantung dengan pengaturan dan juga tata letaknya. Data yang terdapat di RAM dapat hilang saat komputer dinonaktifkan, atau daya listrik yang ada di komputer tercabut dari perangkat.

Kapasitasnya pun berpengaruh kepada kecepatan proses data juga loading yang ada di komputer tersebut. Jadi proses penyimoanan data, menjalankan program, dan membuka data akan semakin cepat sesuai dengan besarnya RAM komputer tersebut.

2.Fungsi RAM

Pertama, RAM dapat digunakan untuk membaca penyimpanan data. Semua data serta informasi yang ada di dalam harddisk dapat dengan cepat dibuka karena peran dari RAM.

Kalau dibandingkan, kecepatan loading untuk membuka file atau program saat sedang pertama kali diakses dengan saat program tersebut telah dibuka sebelumnya. Ketika program dibuka, maka data sudah di baca dan disimpan di sana. Jadi ketika akan membuka lagi, prosesnya akan lebih cepat.Tapi ketika komputer di matikan, maka data akan tereset ulang.

Kedua, RAM juga merupakan tempat penyimpanan data sementara ketika program yang ada di dalam komputer sedang dijalankan. Saat sedang mengerjakan sesuatu, seperti membuat makalah, maka komputer akan menyimpan sementara data tersebut sebelum akhirnya User menyimpannya secara permanen.

3.Jenis – Jenis RAM

RAM tidak hanya terdapat 1 jenis saja, berikut ini adalah beberapa jenis dari RAM.

a.Dynamic RAM (D RAM)

Dynamic RAM merupakan jenis yang disegarkan atau direfresh oleh CPU secara berkala, sehingga data yang ada di dalam RAM tersebut tidaklah hilang.

b.SD RAM (Dynamic Random Access Memory)

SDRAM atau kepanjangan dari Sychronous Dynamic Random Access Memory, adalah RAM lanjutan dari D RAM, tapi RAM ini telah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem. Pad umumnya Sychronous Dynamic Random Access Memory ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Dynamic RAM.

c.DDR RAM (Double Rate Random Access Memory)

DDR RAM atau kepanjangan dari Double Rate Random Access Memory, merupakan jenis RAM yang memiliki teknologi lanjutan dari jenis SDRAM. RAM yang sering disebut DDR saja ini juga memiliki generasi terbaru. Generasi terbaru tersebut disebut DDR2 dan DDR3. Kemungkinan generasi terbaru dari DDR ini masih akan terus berlanjut.

d.RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory)

RDRRAM merupakan singkatan dari Rambus Dynamic Access Memory. RAM satu ini merupakan jenis RAM yang proses kerjanya dapat dikatakan cepat dan harga untuk RDR RAM ini lebih mahal jika dibandingkan dengan SD RAM.

e.S RAM (Static Random Access Memory)

Berikutnya adalah S RAM, atau singkatan dari Static Random Access Memory. Ini merupakan jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya, tanpa harus melakukan refresh atau penyegaran dari CPU. S RAM ini memiliki proses kerja yang lebih cepat jika dibandingkan dengan D RAM dan SD RAM.

f.EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory)

Terakhir ada EDO RAM atau singkatan dari Extended Data Out Random Access Memory. Ram ini merupakan jenis RAM di perangkat dengan OS pentinum. Jenis RAM satu ini bisa melakukan proses penyimpanan dan juga mengambil data pada waktu yang bersamaan.

Itulah beberapa hal yang mungkin perlu kamu tahu mengenai RAM. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *