Sejarah Perkembangan Telepon

July 21, 2020 author 0 Comments

Dewasa ini hampir semua orang sudah pernah menggunakan telepon. Bahkan kini telepon merupakan bagian dari kebutuhan hidup. Sekarang ini telepon tidak hanya digunakan untuk menghubungi seseorang saja, bisa juga untuk bermain sosial media, mengurus pekerjaan, mengatur jadwal, dan kegiatan lainnya yang bisa mempermudah hidup kita.

Lalu bagaimana awal mula adanya telepon? Apakah dulu telepon mendekati canggihnya teknologi yang ada pada masa kini? Berikut ulasan singkat mengenai sejarah telepon.

Cikal Bakal Telepon

Soung of Telegraph merupakan awal dari telepon. Penemuan ini ditemukan oleh Natonio Meucii di tahun 1871. Namun di tahun 1875, paten atas penemuan Meucci ini di dapatkan oleh perusahaan Bell. Kemudian mereka mengembangkan penemuan ini hingga menjadi sistem yang bisa mentransmisikan suara secara telegraf.

Akhirnya di tahun 1976, perusahaan Bell mematenkan sistem itu. Di tahun 1877, akhirnya telepon pertama dibuat, kala itu perusahaan Bell membuat 300 telepon electro magnetic yang bisa digunakan. Setahun kemudian perusahaan ini berhasil membuat 10.000 telepon yang bisa digunakan.

Lalu kembali dikembangkan dengan perubahan yang tadinya menggunakan one wire menjadi two wire, ini kali pertama sirkuit metalik digunakan pada telepon.

Pada tahun 1891 untuk pertama kalinya ada nomor dial pada telepon, jadi secara otomatis telepon akan menghubungkan penelpon kepada operator dengan cara menekan nomor dial sebagai instruksi.

Telepon yang memiliki sistem wireless dan memudahkan pengguna telepon untuk menghubungi orang lintas negara berkembang, sampai pada tahun 1915 untuk pertama kalinya ada telepon dengan sistem wireless.

Awalnya telepon mobile yang menggunakan sistem microwave radio dikembangkan oleh AT&T yang tujuannya sebagai alat bantu perang, namun akhirnya setelah masa perang berakhir, telepon terus digunakan dan mulai dipasang untuk tujuan komersial.

Pada awalnya, tepatnya sebelum tahun 1971, perusahaan Bell memiliki hak monopoli untuk melakukan pengembangan sistem komunikasi. Namun di tahun 1971 hak tersebut dicabut, sehingga banyak perusahaan telekomunikasi mandiri yang mengbangkan sistem komunikasi yang dimaksudkan untuk tujuan bisnis. Sejak itulah perkembangan telepon semakin pesat.

Selain itu layanan yang ada pada telepon juga kianberkembang, bukan hanya pesan suara saja, namun juga bisa melalui pesan teks atau yang kita kenal sebagai SMS. Persaingan harga layanan juga membuat tarif dari telepon semakin murah.

Di tahun 1990, kala itu penggunaan komputer semakin berkembang dan muncullah internet. Ini membuat pola pengiriman pesan kini bergeser menjadi pengiriman data.

Pada tahun 1990-an itu, telepon genggam yang bisa dibawa kemana – mana sempat booming di dan memiliki harga tinggi. Meski cikal bakal dari telepon genggam ini sudah ada sejak tahun 1938, yaitu handie talkie, namun jarak jangkauan dari handie talkie masih belum semantap telepon genggam.

Telepon genggam pertama ada Portable Dynamic Adaptive Total Area Coverage atau DynaTAC yang ditemukan oleh Martin Cooper dan masih memiliki teknologi 1 G. Lalu di tahun 1989, ada ponsel saku pertama yang memiliki ukuran kecil, diberi nama microTAC dan merupakan generasi kedua atau 2 G.

Setelah itu baru memasuki masa munculnya smartphone di tahun 1997, kala itu nokia meluncurkan 9000 Communicator. Telepon ini menyediakan layar LCD dan papan QWERTY utuh. Generasi ketiga diawali pada tahun 2001, yang dimana Dramoco Jepang menyediakan layanan teknologi yang berbasis 3G pertama.

Di akhir tahun 2009, teknologi dengan jaringan 4G mulai dikenalkan, yaitu Wimax dan LTE. Ponsel pertama yang megadopsi standar 4G adalah HCT EVO 46 yang diluncurkan di tahun 2010.

Nah, semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam mengetahui sejarah telepon secara singkat, ya!

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *