Ulasan Iphone 11

IPhone 11 adalah salah satu varian yang dirilis pada tahun 2019 dan memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan iPhone XR. Meski lebih murah, tetapi fitur yang dimiliki iPhone 11 meningkat secara signifikan dan membuat iPhone 11 mudah untuk diterima oleh banyak orang.

Penampilan dari ponsel ini tampak lebih nyaman dengan layar 6.1 inch dan membuatnya dianggap lebih ideal jika dibandingkan dengan iPhone 11 pro yang memiliki layar lebih kecil, yaitu 5.8 ich. Untuk bagian layarnya, masih terdapat notch yang digunakan sebagai tempat meletakkan kamera dan speaker. Meski ukuran dan resolusi masih sama, layarnya lebih baik dari pada iPhone XR. Warna yang dihasilkan lebih cerah, tetapi tetap menjaga akurasi warnanya.

Sistem operasi yang ada pada iPhone 11 ini sudah menggunakan sistem operasi baru, yaitu iOS 13. OS ini memiliki banyak fitur baru, baterai yang lebih hemat, Night mode yang lebih baik, sampai ke peningkatan emoji.

Lalu ada fitur yang menarik, yaitu Apple Arcade. Pada fitur ini kita dapat memainkan game – game yang berada pada katalog. Game ini dapat didapatkan dengan cara berlangganan dan membayar seharga Rp69.000.

Ada gestur baru yang disematkan oleh iOS dan membuat kita lebih mudah untuk melakukan edit teks. Seperti swipe kiri dengan 3 jari untuk melakukan undom swipe kanan dengan 3 jari untuk redo. Mengenai undo teks, itu juga dapat dilakukan dengan cara ketuk layar 2 kali menggunakan 3 jari. Fungsi ini bisa digunakan untuk aplikasi iMessages, Notes, Microsoft Word, Safari, juga Twitter.

Lalu bagaimana pada segi kamera dari iPhone 11 ini? Dapat dikatakan kalau kamera yang dimiliki oleh iPhone 11 merupakan salah satu yang terbaik untuk urusan foto dan video. Kameranya dapat melakukan autofokus dengan cepat dan hasilnya jika dilihat secara keseluruhan lebih tajam serta akurat.

Jika foto diambil dengan cahaya yang cukup maka hasilnya lebih tampak hebat. Foto yang diambil di malam hari juga luar biasa, karena ada fitur Night Mode yang sangat berguna untuk melakukan fotografi di tempat kurang cahaya. Fitur night mode yang membuat hasil jepretan dari iPhone 11 menjadi lebih terang dan jelas, meskipun masih terdapat sedikit noise pada sekitar gambar, itu masih dapat ditoleransi.

Peningkatan lensa ultrawide yang mengesankan kalau menggunakannya pada ruang yang artistik untuk bisa mengabadikan pemandangan indah. Hasil fotonya tampak bagus dan tidak memiliki cekungan pada ujung fotonya dan membuatnya tampak rapi. Hal ini juga terjadi saat kita mencoba ambil foto yang bokeh dengan gradasi foreground dan background yang terkesan halus. Tetapi bagi Anda yang gemar mengambil foto zoom, iPhone 11 ini tidak memiliki lensa telephoto.

Lalu bagaimana dengan kamera depannya? Beresolusi sebesar 12 MP, kamera ini sangat apik. Terdapat lensa wide yang bisa menolong untuk melakukan foto selfie bersama dengan teman – teman. Selain itu ada juga fitur slofie atau slowmotion selfie.

Hal yang masih cukup disesalkan dari iPhone ini adalah pengisian baterainya yang lama karena belum menggunakan fitur fast charging. Daya yang digunakan untuk mengisi daya ponsel ini 5 W, berbeda dengan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang sudah dilengkapi dengan baterai 18 W didukung fast charging. Untuk bisa mengisi penuh daya baterai ini, membutuhkan sekitar waktu 2.5 jam dari 0 – 100%.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang berminat untuk membeli iPhone 11 ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *