Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

callusdigital.org

Saat hendak membeli sebuah Smartphone baru ataupun bekas, tentunya kita akan membeli bara yang memiliki keadaan atau kualitas bagus.

Tapi masalahnya adalah banyak dari kita yang bingung dan belum tahu bagaimana cara membedakan kualitas smartphone yang masih dalam keadaan bagus dengan yang sudah melangalami penurunan.

Saat ini banyak sekali smartphone dengan kualitas bagus yang bisa kita dapatkan dengan harga yang terjangkau. Untuk itu sebelum kita membelinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatiakan ketika hendak membeli smartphone;

1. Prosesor atau CPU

Dalam memilih smartphone android hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu prosesor yang digunakan. SoC (System on Chip) merupakan otak inti dari sebuah sistem smartphone android.

Jika spesifikasi cpu yang digunakan rendah maka jangan heran jika smartphone android terasa lemot dan sering lag walaupun masih baru dan tidak banyak menginstal aplikasi.

2. RAM

Apabila prosesor atau chipset bekerja sebagai otak, maka ram adalah sebagai ingatanya. Ram berguna ketika kita menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang kita jalankan maka semakin besar juga memory yang dibutuhkan.

Dengan Ram besar, kita dapat berpindah-pindah antar aplikasi dengan lancar. Namun, jika salah dalam pemilihan ram, android yang kita gunakan akan terasa lambat dan aplikasi yang kita jalankan akan sering stuck dan force close.

3. GPU

Fungsi GPU adalah sebagai pemroses grafis. Dengan memilih GPU yang baik maka performa 2D dan 3D android akan sangat cepat dan lancar. Contohnya ketika kita menonton video dan game, tidak akan ada lag maupun stuttering yang mengganggu jika GPU nya mumpuni.

Selain lancar, menggunakan GPU mumpuni juga dapat memanjakan mata kita karena tampilan grafis yang memukau, detail dan jernih.

4. Internal Storage

Demi memenuhi kebutuhan multimedia, internal sangat penting karena dengan internal storage yang luas kita dapat leluasa menyimpan berbagai file seperti video, musik, arsip, dokumen dan sebagainya.

Selain itu juga, jika internal kita luas maka kita dapar leluasa menginstal banyak aplikasi dan game berukuran besar.

5. Sistem Operasi

Sistem operasi (Operating System). Tanpa OS, Smartphone tidak akan dapat berjalan dan berfungsi. Sebagai info, Android merupakan OS yang paling banyak digunakan saat ini.

Perkembangan Android yang cepat juga berpengaruh ke fitur yang lebih baru dan perbaikan yang baik.

6. Teknologi Jaringan

Untuk teknologi jaringan tentu berbeda di setiap negara, nah itulah yang menyebabkan mengapa smartphone luar negeri biasanya tidak bisa menangkap sinyal di negara kita indonesia.

Hal itu dapat disebabkan oleh perbedaan teknologi, frequensi atau ponsel nya di lock oleh operator di negara asalnya. Jadi dalam pemilihan teknologi jaringan smartphone pun harus teliti.

Itu dia 6 hal yang perlu diperhatikan sebelum kita membeli smartphone yang dirangkum dari berbagai sumber